Pages

Wednesday, February 01, 2012

Kaldu Ayam

Sekarang ini aq excited banget bikinin MPASI (Makanan pendamping ASI)-nya Varo. waktu usia 6 – 6,5 bulan kemaren makanannya aq kasih gasol berbagai rasa (beras merah, beras coklat, arrowroot dan kacang ijo) dan puree buah, buah yang udah lulus uji 3 days rules adalah pepaya, apel merah, pear xiang lie, jeruk baby dan sekarang alpukat. (sengaja ambil 3 hari aja, kalo 4 hari makan itu terus takut bosan) dan tidak ada tanda-tanda alergi seperti gatal-gatal maupun p*p nya yang aneh seperti berlendir atau ada darahnya. jadi mulai sekarang aq mulai mengenalkan sayur-sayuran dan protein hewani buat si Ganteng itu.

Langkah pertama adalah aq buat kaldu, kali ini aq pilih kaldu ayam. Awalnya bingung mo beli ayam kampung dimana, mo pake ayam negeri aja tapi takut kalo terkontaminasi suntikan penggemuk itu, jadi ambil amannya aja aq beli ayam kampung. untungnya dapat info dari milis mpasirumahan kalo ayam kampung bisa dibeli di Belmart, minimarket yang khusus jual ayam potong segar,buah dan sayuran. Di Belmart kita bisa milih bikin cekernya aja,dagingnya aja ataupun ati ampela-nya aja dan dijamin fresh setiap hari. Hari jumat pulang kantor sengaja mampir ke belmart jatipadang deket ke arah ragunan, beli 1 ekor ayam kampung utuh dan minta di fillet. itu enaknya lagi, kita bisa milih ayamnya dan bisa request tuh ayam mo dipotong jadi berapa ato di filled-filled,praktis dan gak repot :)

Akirnya nyampe rumah setelah bermain-main dengan varo, aq mulai membuat kaldu ayam.

Bahan :

- ceker ayam, tulang ayam dan daging bagian paha

- bawang puting 2 buah, diiris dan digeprek-geprek biar ayamnya gak bau amia

- air secukupnya

Cara memasak :

Masak air sampe mendidih, masukkan ceker ayam, tualng dan daging ayam serta bawang putih. tutup panci dan biarkan agak lama sampai kaldunya keluar. setelah jadi dinginkan dan kemudian saring.

Setelah disaring, dibagi ke beberapa bagian dan disimpan ditempat tertutup. karena gak ada tube, aq cetak aja tuh kaldu di cetakan es batu kemudian dibekukan. hasilnya seperti ini :

IMG00762-20120128-0638

setelah itu dipisahkan ke plastik-plastik sesuai takaran 1 kali masak, jadi deh kaldu ayam kampung yang bisa digunakan kapan aja. kalo mau makan tinggal cairkan kaldunya di suhu ruangan atau dihangatkan diwadah yang diletakkan di panci berisi air panas kemudian dicampurkan ke bubur beras,oat,ataupun kentang. hhmm.. yummy… oh iya, jangan lupa dikasih tanggal karena kaldu ini hanya bertahan maksimal 1 bulan.

IMG00763-20120128-0644

Senang bisa memasak buat varo.. ah bisa bikin gitu doang aja udah sombong kamu dis!!! Biarin, jarang-jarang loh Jin rajin menghampiriku seperti sekarang ini :P. Kalo sekarang se prinsipnya, biarkanlah suami maska masakan pembantu, asalkan varo makan masakanku, huehehehehe… *semoga rajinnya gak musim-an :P

2 comments:

  1. mba, kenalan dulu ya. Namaku Ambar.mau tanya di belmart bisa beli cekernya ayam kampung aja? Harganya berapaan ya? Oia, anakku udah 6 bulan 2 minggu

    ReplyDelete
  2. Hae Mbak Ambar, salam kenal jigaa..

    bisa kok beli cekernya aja di belmart, tapi harus pesen dulu by phone,harganya :
    Ceker (Fresh) Rp 22.000/kg
    Ceker Tray Pack Rp 14.500/kg

    Hepi cooking Mpasi Rumahan ya mbak, salam buat dede'nya :)

    ReplyDelete